Thursday, May 17, 2012

Nikmatnya Kue Tanpa Telur



Jika kita mendengar kata "Kue", pasti akan terbayang berbagai macam bentuk dan jenisnya yang menarik. Terutama warna, rasa, dan aromanya yang menggoda. Namun orang pasti mengira bahwa pembuatan kue itu identik dengan telur. Dimana disetiap prosesnya telur tidak pernah ketinggalan. Karena dianggap akan mengurangi bentuk, rasa atau aroma itu sendiri. Orang awam pasti bertanya-tanya. Apa iya kita bisa membuat kue tanpa telur? apalagi cake yang bisa dibilang butuh banyak telur sekalipun. Mereka tidak pernah tahu sampai mereka menemukan resep kue tanpa telur dan kemudian mempraktekkannya sampai berhasil. 

Seperti yang kita tahu, kue terdiri dari berbagai macam jenisnya seperti: kue basah, kue kering, dan cake. Ketiga jenis ini bisa dapat dibagi lagi menurut bahan dan cara pengolahannya. Intinya kue itu mempunyai rasa kalau tidak manis, gurih atau agak asin. Semua tergantung dari selera sang pembuat atau sang pemesan. 

Kue tanpa telur dapat kita sebut juga sebagai kue vegan. Karena vegan itu sendiri adalah arti dari seorang vegetarian yang tidak memakan bahan-bahan yang terdiri dari produk hewani seperti telur. Ternyata telur bukan satu-satunya faktor yang menentukan keistimewaan kue. Agar tetap menghasilkan kue tanpa telur yang istimewa, kita dapat mengganti telur dengan menambahkan produk-produk lain seperti di bawah ini:

GROUND FLAXSEED
Untuk setiap 1 buah telur, kocok 1 sendok makan bubuk flaxseed dengan 3 sendok makan air sampai adonannya menjadi krim yang kental.
Cocok digunakan untuk membuat: waffle, martabak, apem, muffin, kue oat, roti

* PISANG
Untuk mengganti satu atau dua buah telur, ambil satu buah pisang masak. Belah menjadi dua, lalu gunakan setengahnya saja, kemudian blender. Cocok digunakan untuk membuat: roti, muffin, kue, panekuk.

* APPLE SAUCE (BLENDER APEL)
¼ cangkir saus apel tanpa gula sama dengan satu butir telur. Cocok digunakan untuk membuat: kue basah, roti, roti instan, dan brownies.

* TAHU SUTRA (TAHU HALUS)
Blender ¼ cangkir tahu sutra dalam food processor sampai berbentuk krim halus. Ini sama dengan satu telur. Cocok digunakan untuk membuat: kue basah dan brownies.

* CUKA DAN BAKING SODA
Perbandingan yang bagus adalah 1 sendok teh baking soda dengan 1 sendok makan cuka. Cuka apel lebih baik. Cocok digunakan untuk membuat: kue, kue mangkok, dan roti instan.

* PENGGANTI SUSU
Pengganti susu sapi adalah susu kedelai, susu kacang almond, atau santan kelapa. Cara membuat “buttermilk” nabati, untuk setiap satu cangkir (235 ml) susu nabati, tambahkan 1 sendok makan jus lemon atau cuka, dan diamkan selama 10 menit.
Catatan: 1 cangkir = 235 ml

Biasanya ada rumus penting yang harus diketahui oleh para pembuat kue agar kue yang dihasilkan istimewa dan enak rasanya. Takaran dari masing-masing bahan harus diperhatikan, agar bahan-bahan tersebut dapat menyeimbangkan proses pengolahan kue. Cara mengolahnya juga tidak boleh sembarangan. Salah sedikit, dapat mempengaruhi hasil. Alat pengolahan kue di sini terdiri dari alat elektrik (seperti mixer), alat tradisional/biasa, atau sekedar tangan. Ada kue yang tidak perlu diaduk secara terus-menerus atau dengan kecepatan tinggi, ada juga kue yang perlu diaduk terus-menerus dengan kecepatan tinggi, atau ada pula kue yang harus diaduk-aduk dengan tangan selama beberapa jam untuk membentuk serat-serat yang indah (seperti pada kue cara bikang, kue mangkuk, kue serabi, atau kue apem).

Harap diperhatikan, untuk pembuatan kue basah, santan kental yang asli berasal dari kelapa adalah salah satu faktor penting. Syarat santan yang baik dan bisa membuat merekahnya sebuah kue adalah santannya direbus terlebih dahulu. Ada beberapa kue yang menggunakan santan hangat-hangat kuku pada saat menguleni adonannya (misalnya: kue ku, kue apem, kue cara bikang, klepon, dll) dan ada juga yang menggunakan santan yang telah didinginkan telebih dahulu baru dicapur pada adonan kue (misalnya: kue pukis, kue pancong, dll). Tips pada saat kue akan dikukus, hendaknya kita panaskan terlebih dahulu panci atau cetakan yang akan digunakan. Jangan lupa alasi tutup panci dengan serbet agar air yang ada di tutup panci tidak jatuh ke kue yang sedang di kukus. Besarnya api kompor juga mempengaruhi merekah atau tidaknya kue.

RUMUS PEMBUATAN KUE BASAH:
Jika bahannya lebih banyak tepung beras, maka= + sedikit tepung sagu
Jika bahannya lebih banyak tepung terigu, maka= + sedikit tepung beras
Jika bahannya lebih banyak tepung ketan, maka= + kentang/air kapur sirih untuk mengempukkan

Untuk pembuatan kue kering seperti kaastengels, nastar, sagu keju, dll penggunaan susu dan mentega yang tepat akan menghasilkan kue kering yang renyah dan enak. Selain itu kita juga dapat menambahkan baking powder sedikit untuk membuat kue lebih renyah. Jangan lupa panaskan alat pemanggang atau oven terlebih dahulu sebelum kue siap untuk dimasak. Apabila menggunakan oven, aturlah suhu dan pergerakan api (atas, bawah, atau atas-bawah). Biasanya untuk memanggang kue dengan oven kita membutuhkan suhu 180 derajat dengan pengaturan api atas-bawah.

Pada pembuatan cake, penggunaan bahan-bahan seperti: susu kental manis, sedikit baking powder dan soda kue (apabila tidak ada bisa diganti dengan ragi instan/fermipan) adalah faktor utama yang dapat menghasilkan cake yang bagus dan tidak bantat.

Untuk proses pemasakan kue kering maupun cake, jangan lupa panaskan alat pemanggang atau oven terlebih dahulu sebelum kue siap untuk dimasak. Apabila menggunakan oven, aturlah suhu dan pergerakan api (atas, bawah, atau atas-bawah). Biasanya untuk memanggang kue dengan oven otomatis  kita membutuhkan suhu 180 derajat dengan pengaturan api atas-bawah. Apabila kita menggunakan oven di atas kompor, aturlah kompor dengan api yang sedang. Agar kue yang dihasilkan tidak gosong.

Dari tulisan di atas, dapat kita ketahui bahwa ternyata membuat kue tanpa telur itu susah susah gampang ya. Selain harus memperhatikan setiap detailnya yang dimulai dari komposisi bahan, teknik memproses, sampai proses memasaknya kita juga harus memperhatikan hasilnya kemudian. Apakah sudah mirip dengan kue yang menggunakan telur atau belum? Setidaknya nyaris mirip.

Oleh karena itu bagi yang ingin mencoba kue tanpa telur, bisa membaca referensi yang saya buat ini. Semoga bermanfaat bagi yang membaca. Bagi yang menyebut dirinya para pembuat kue handal, silahkan buktikan kehandalan anda dalam membuat kue dengan bahan tanpa telur.

Jangan lupa, doa dan cinta yang kita tuangkan dalam sebuah kue akan membuat kue yang biasa saja menjadi kue yang luar biasa bagi penikmatnya.

TERIMA KASIH

6 comments:

  1. tulisan yang sangat menarik, karena anak saya alergi telur, terima kasih, saya akan coba praktekan

    ReplyDelete
  2. Terima kasih sudah membaca.. Nanti saya coba terbitkan resep2 kue tanpa telur.. :)

    ReplyDelete
  3. terima kasih untuk tips nya mba..sangat inspirasi krn saya hobby makan cake tapi terkendala sejak saya bervegetarian..

    ReplyDelete
  4. iya sama2.. Banyak koq cake vegan yang bisa kita buat sendiri. Jangan jadikan vegetarian sebagai kendala kita untuk berkreasi.. ok. Cheers :)

    ReplyDelete
  5. mantap ...maksih ya sangat membantu buat saya ... karna sudah lama nih saya tidak makan kue2 prlu d coba ...

    ReplyDelete
  6. sama-sama mba :) selamat berkreasi...:)

    ReplyDelete